BLOGGER TEMPLATES AND Twitter Backgrounds »

Selasa, 01 November 2011

SMA Negeri 8 Tangerang, Sekolah RSBI Tanamkan Iman dan Taqwa untuk Membentengi Generasi Muda dari Perbuatan Negatif

Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 8 Tangerang yang berada di kawasan Perum Perumnas Kota Tangerang, merupakan sekolah favorit dan telah ditetapkan sebagai sekolah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RBSI) oleh Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional pada tahun 2008/2009.

Dengan ditetapkan sebagai sekolah RSBI, SMA Negeri 8 ini semakin meningkatkan kualitas pendidikannya dan prestasinya baik dibidang ilmu pengetahuan maupun prestasi lainnya. Selain itu, SMA Negeri 8 Tangerang dengan Kepala Sekolah Hikmat, SPd, MM yang berupaya meningkatkan kualitas pendidikannya dengan mendidik para siswa sehingga memiliki kompetensi dibidang ilmu pengetahuan yang dipelajarinya sehingga bisa mandiri, juga menanamkan keimanan dan ketaqwaan kepada para siswanya.

Kondisi tersebut, menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat Drs Arsil, MM adalah merupakana visi SMA Negeri 8 Tangerang dalam rangka menciptakan siswa yang cerdas, mandiri, dan memiliki kemampuan di bidang ilmu pengetahuan menuju siswa berakhlakul karimah yang merupakan visi SMA Negeri 8 Tangerang yang sejalan dan sebagai dukungan kepada motto Pemerintah Kota Tangerang yang dalam pembangunannya disamping untuk menyejahterakan masyarakat juga menciptakan masyarakat berkhlakul karimah.

Menurut Hikmat, dengan ditetapkan SMA Negeri 8 Tangerang menjadi sekolah RSBI sebagai bentuk kepercayaan pemerintah, sebagai Kepala Sekolah SMA Negeri 8 Tangerang, ia merasa gembira dan bangga. Dan keberhasilan ini merupakan hasil kerjasama dan kerja keras para pimpinan sekolah, guru, dan komite sekolah dan juga masyarakat yang telah mempercayakan menjadi putra-putrinya di sini, katanya.

Di samping itu juga bantuan dari Pemerintah Kota Tangerang dan Provinsi Banten yang membangun berbagai fasilitas yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar dan mengajar seperti laboratorium fisika, biologi, IPA, matematika, komputer, dan lain-lain, kata Hikmat tersenyum. Adanya kepercayaan dari pemerintah dan para orangtua menyerahkan pendidikan putra-putrinya di sini, ini adalah amanah. Kedepan tantangan dalam dunia pendidikan semakin berat dan pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin dapat menjawab tantangan tersebut untuk membawa SMA Negeri 8 Tangerang yang menjadi sekolah RSBI ini akan semakin maju dan para siswanya cerdas dan mandiri.

Selain itu dengan menanamkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, para siswa yang dididik di sini menjadi manusia yang cerdas dan mandiri, serta dapat membentengi diri dari perbuatan negatif seperti minum-minuman keras, berbuat maksiat, dan melakukan perbuatan yang melanggar norma-norma agama lainnya, sesuai harapan bersama.

Iman dan taqwa

UPAYA-upaya dalam meningkatkan iman dan taqwa di SMA Negeri 8 Tangerang yang kini merupakan sekolah RSBI, SMA Negeri 8 Tangerang menyelenggarakan kegiatan pengajian atau tadarusan yang dilaksanakan tiap masuk sekolah antara 15-20 menit sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Bagi yang belum bisa mengaji, dibimbing baca tulis huruf Al-Quran, jika sudah bisa bergabung.

Kepada para siswa juga diajarkan ilmu fiqih, hadist, tauhid, dan tafsir Al-Quran. Kemudian mereka dilatih untuk berbicara mengamalkan apa yang didapatkan itu melalui sholat Dhuhur berjamaah dan pada hari-hari tertentu salah satu siswa maju untuk menyampaikan pengetahuan agama yang didapatkan dalam kuliah tujuh menit (Kultum).

Dengan bimbingan ini, menurut Hikmat diharapkan para siswa yang belajar di SMA Negeri 8 Tangerang RSBI ini, semua bisa mengaji Al-Quran dan bisa mengamalkan ilmu yang didapatkan selama mengikuti pendidikan di sekolah ini kepada masyarakat, dan tidak terjerumus dalam pergaulan muda-mudi yang semakin mengarah kepada pergaulan bebas. Tapi, sebaliknya bisa mengajak dan mengangkat muda-mudi yang terjerumus dalam pergaulan beas dan perbuatan negatif menjadi muda-mudi yang sadar kembali dan menjauhi serta meninggalkan perbuatan negatifnya.

Kehidupan muda-mudi sekarang ini, katanya semakin penuh tantangan. Pemuda yang alim, tidak pernah meminum-minuman keras, menjamah narkoba, tidak merokok, tak melakukan perbuatan maksiat malah diejek, dikatakan sebagai pemuda tidak gaul dan ejekan lainnya. Sehingga jika kurang iman dan taqwa kepada Allah SWT akan mudah terseret dan ikut tenggelam dalam dunia muda-mudi yang tak bermoral. Karena tantangan tersebut, SMA Negeri 8 Tangerang menanamkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah kepada para siswa-siswinya yang belajar di sini, agar mereka selamat di dunia dan selamat di akhirat.

Adapun prestasi di bidang ilmu pengetahuan dan prestasi lainnya sejak berdiri SMA Negeri 8 Tangerang pada tahun 2003/2004 baik di tingkat Kota Tangerang maupun Provinsi Banten banyak antara lain menjadi Jaura I Olimpiade Saint Astronomi Tingkat Kota Tangerang, Juara I Debating Bahasa Inggris tingkat Kota Tangerang dan Provinsi Banten.

Juara I lomba siswa putri teladan tingkat Kota Tangerang, Lomba kompetensi Bahasa Inggris tingkat Kota Tangerang. Sedangkan untuk tingkat Provinsi Banten yaitu juara lomba bercerita dan Juara I lomba Kompetensi MIPA tingkat Provinsi Banten.

1 komentar:

Dessi Napitupulu mengatakan...

dikoo, link gue munculin atuh d blog lu :p
dessinp.blogspot.com
thaanks before yaw :P